Related image

Merawat bayi baru lahir terkadang menjadi suatu kendala bagi para orang tua muda yang baru memiliki anak. Bayi baru lahir memiliki keunikan tersendiri sehingga diperlukan perhatian khusus dalam merawatnya. Berikut beberapa hal yang harus diketahui saat merawat bayi baru lahir.

 

Pahami rutinitas bayi saat menyusui

Bagaimana jika bayi Anda tidur terus? Bayi memang memiliki waktu tidur yang cukup panjang. Anda bisa melakukan pemerasan ASI selama anak Anda tertidur ke dalam botol susu lalu memberikannya saat dia bangun. Cucilah bekas botol susu anak Anda dengan menggunakan sabun cuci food grade. Namun bila bayi Anda tertidur terus, Anda perlu membangunkannya dan tetap memberi ia susu. Usahakan ia tidak tertidur lagi ketika menyusu.

Bayi baru lahir sering mengalami gumoh

Setelah bayi Anda menyusu, ia mengeluarkan lagi susu tersebut dari mulutnya. Kebanyakan orang menyebutnya dengan istilah gumoh. Gumoh (spitting up, atau refluks gastroesofageal) terjadi karena fungsi katup antara esofagus dan lambung belum sempurna. Selain itu, ukuran lambung bayi yang kecil dapat menjadi salah satu penyebab gumoh.

Untuk mencegah terjadinya gumoh, posisikan bayi Anda dalam posisi tegak selama 30 menit setelah ia selesai menyusu dan biarkan bayi Anda bersendawa.

 

Bayi baru lahir tidur selama 16 hingga 18 jam per hari

Durasi tidur bayi memang cukup panjang. Biasanya bayi tidur selama 1-2 jam dalam sekali tidurnya, dan jika dijumlahkan dalam satu hari ia dapat tertidur selama 16 hingga 18 jam. Ketika mencapai usia 6 bulan, sebagian besar bayi tidur selama 6 jam pada malam hari.

Pada malam hari, usahakan agar bayi tidak terbangun. Cara yang dapat dicoba yaitu dengan membiarkan bayi melakukan banyak aktivitas ketika siang hari atau Anda bisa mencoba memandikannya terlebih dahulu sebelum tidur dengan sabun yang mengandung pH sesuai  seperti link berikut https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/ingin-menggunakan-sabun-mandi-cair-untuk-bayi-perhatikan-lebih-dulu-kadar-ph-yang-dimilikinya, sehingga ia tetap terjaga dalam waktu yang lama dan dapat tidur lebih lama ketika malam hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *