Untuk mendukung tumbuh kembang anak, orang tua memiliki peran yang sangat besar. Orang tua harus bisa melakukan berbagai stimulasi agar tumbuh kembang anak selalu mengalami peningkatan. Memberikan makanan yang bergizi merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Sedini mungkin orang tua bisa memberikan makanan yang kaya akan serat, rendah lemak, kaya kalsium, vitamin, zat besi, dan mineral penting lainnya daripada membiasakan dengan asupan makanan yang berkalori tinggi dan berlemak.

Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan sehat yang bisa Anda berikan kepada anak. Sama seperti susu, yoghurt sangat kaya akan kalsium dan protein. Hal ini karena sejatinya yoghurt itu sendiri juga memang terbuat dari susu sapi ataupun sari kacang kedelai. Hanya saja untuk yoghurt memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan dengan susu. Di dalam yoghurt terdapat bakteri baik yang bagus untuk kesehatan tubuh, terutama sistem pencernaan, yaitu bakteri Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus rhamnosus.

Memberikan yoghurt pada anak selain bagus untuk menjaga kesehatan pencernaannya, juga memiliki berbagai manfaat lain berikut ini:

  1. Membantu mencukupi kebutuhan kalsium pada tubuh anak, yang mana berguna untuk meningkatkan perkembangan tulang di masa pertumbuhannya.
  2. Meningkatkan sistem imun anak.

Bakteri baik dalam yoghurt akan membantu tubuh dalam melawan bakteri jahat yang membahayakan tubuh, sehingga tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit.

  1. Meringankan kondisi intoleransi laktosa, diare, dana kondisi pencernaan lainnya.

Yoghurt bisa menjadi asupan probiotik untuk anak diare dan intoleransi laktose. Intoleransi laktosa merupakan kondisi dimana tubuh tidak bisa mencerna laktosa atau jenis gula pada susu dan produk olahannya. Yoghurt sangat rendah kandungan laktosanya dan memiliki bakteri baik di dalamnya yang mampu mengubah laktosa menjadi asam laktat. Sehingga tubuh bisa mencerna laktosa dengan baik dan tidak menimbulkan gejala.

  1. Mencegah dari terjadinya iritasi lambung.

Yoghurt yang merupakan fermentasi dari susu memiliki kandungan asam laktat yang berguna untuk menetralkan asam lambung. Dengan si kecil meminum yoghurt, maka akan meminimalisir terjadinya iritasi lambung.

  1. Meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus, sehingga kesehatan usus akan terjaga.

Jumlah bakteri baik yang meningkat akan membuat usus senantiasa terjaga kesehatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *