Mungkin tidak banyak orang yang sadar bahwa kegiatan mereka sehari-hari bisa memicu mata kering. Kondisi mata seperti itu menyebabkan mata terasa gatal, pegel, sepet, dan perih. Tentu saja masalah seperti itu berdampak buruk bagi kesehatan mata dan pekerjaan Anda. Meskipun sudah berusaha menghindari faktor penyebab, tetapi kondisi mata tetap saja mengering. Apa penyebabnya? Simak ulasannya kali ini.

Bahwa mata mengering identik dengan rasa mata pegel, gatal, mengganjal, sensitif terhadap cahaya, hingga terlihat kemerahan. Selain membuat tidak nyaman, kondisi ini pun mampu mengganggu penglihatan. Anda harus mengetahui kegiatan atau aktivitas sehari-hari yang mungkin saja berdampak buruk terhadap mata.

Berikut adalah aktivitas yang memicu mata mengering sehingga membuat mata perih.

Merokok. Bisa jadi penyebab utama mata Anda mengering. Tentu bukan tanpa alasan kenapa merokok mampu membuat mata kehilangan kelembapan. Adalah asal yang dihasilkan dari rokok bisa mengiritasi mata sehingga merusak lapisan minyak yang berguna melindungi mata. Perlahan-lahan, efek jangka panjang bagi mata karena kebiasaan merokok adalah mata kehilangan fungsinya, seperti degenerasi macula sampai kebutaan. Kalaupun Anda tidak merokok namun berada di sekitar orang yang merokok pun tetap memicu mata mengering. Jika sudah begitu mata akan terasa pedas, gatal, dan perih.

Mata yang mengering, baik tergolong ringan maupun parah memang disarankan untuk menggunakan obat tetes mata. Alasannya adalah, obat tetes mata dianggap mampu bertindak sebagai pelumas mata sehingga membantu melembapkan penglihatan. Namun, alih-alih mampu meringankan gejala mata mengering, bisa jadi Anda malam memperparah kondisi akibat salah penggunaan. Karena ada obat tetes mata dengan kandungan berbahan kimia yang berkerja mengecilkan pembuluh mata. Dampak selanjutnya adalah mata malah makin mengering dan membuat mata lelah menjadi-jadi.

Mungkin Anda belum sadar jika suhu memiliki andil besar menyebabkan mata mengering, baik suhu dingin maupun panas. Contohnya adalah suhu panas dan kering bisa memicu penguapan pada simpanan air di dalam tubuh. Begitu juga dengan suhu yang dingin. Bahwa suhu dingin menyebabkan mata makin mengering karena menebalkan lapisan meibom. Perlu diketahui jika lapisan meibom merupakan lapisan mata yang berperan mengurangi penguapan air mata. Apabila lapisan meibom ini tidak berfungsi baik, maka air mata yang harusnya melindungi mata malah kesulitan dalam menyebabkan secara merata ke semua bagian mata. Antisipasi terbaik adalah menjaga suhu lingkungan agar tetap lembap.

Sebagai seorang mahasiswa yang dituntut mengerjakan tugas dengan batas waktu tentu akan berupaya menyelesaikannya secepat-cepatnya. Namun, perilaku tersebut kurang baik terhadap mata karena menghadap komputer terlalu lama menjadi penyebab mata mengering. Alasannya adalah, ketika Anda menghadap layar computer akan jarang berkedip. Padahal, berkedip berdampak pada kesehatan mata karena mengalirkan air secara merata di bagian mata.

Selain itu, pancaran sinar dari layar computer maupun laptop pun memengaruhi kemampuan penglihatan. Dampak berkelanjutan adalah mata lelah, kering, dan perih. Anda tidak perlu khawatir soal kegiatan tersebut karena hanya perlu mengatur jadwal saja. Setidaknya istirahatkan mata setiap 15 hingga 20 menit sekali dan sediakan obat tetes Insto Dry Eyes untuk menjaga kesehatan mata.

Kegiatan/aktivitas itulah yang memicu mata mengering. Menggunakan obat tetes Insto memungkinkan kondisi mata Anda membaik. Untuk itu, jangan sampai lupa menyediakan Insto Dry Eyes di rumah. Oke?!

Sekian sudah informasi yang bisa kami sampaikan tentang aktivitas yang memicu mata mengering sekaligus pencegahan. Dari penjelasan ini tentu Anda sudah paham bagaimana cara terbaik agar mata tetap sehat. Dengan demikian sudah saatnya Anda berujar, “Bye, mata kering!”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *