Sebagai seorang pelajar di desa, aku harus berjuang lebih untuk bisa mengikuti perkembangan zaman, khususnya dalam dunia pendidikan. Digitalisasi juga sudah merambah ke dunia pendidikan, beruntung aku hidup di keluarga yang cukup melek teknologi, sehingga tidak jauh tertinggal dengan tren yang ada di kota.

Namun, beda cerita dengan teman-temanku di sekolah. Tidak semua teman-temanku di sekolah melek akan teknologi. Mereka hanya tahu tentang aplikasi chat dan bermain game online, tidak dengan pendidikan. Padahal, saat ini pemerintah telah menerapkan ujian berbasis komputer, atau kita mengenalnya dengan istilah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Aku merasa fasilitas di sekolah SMP-ku kurang memadai untuk memberikan pelatihan kepada siswa-siswi di sekolah tentang simulasi UNBK SMP. Maka dari itu aku bertekad untuk membantu teman-teman agar bisa bersiap diri menghadapi ujian nanti.

Ketika di rumah, aku mencoba untuk browsing, mencari kira-kira platform apa yang cocok untuk teman-temanku di sekolah. Ternyata ada banyak sekarang aplikasi bimbel online yang menyediakan simulasi UNBK SMP. Tapi, pada akhirnya aku menggunakan ruang guru sebagai aplikasi untuk simulasi UNBK SMP, sekaligus untuk memberikan inovasi belajar terbaru kepada teman-teman di desa.

Ruang guru aku pilih setelah aku berdiskusi dengan teman-temanku yang sekolah di kota. Mereka rata-rata memang menggunakan ruang guru. Katanya, ruang guru selain murah (cocok untuk kantong pelajar), aplikasi ini memberikan simulasi UNBK yang menyerupai ujian aslinya. Ini sangat pas untuk aku kenalkan kepada teman-teman di sekolahku.

Aku dibimbing oleh teman-temanku untuk menggunakan aplikasi ini. Tidak sulit ternyata, hanya beberapa langkah, aku dan teman-teman bisa menggunakannya. Aku diarahkan untuk memilih paket ruang belajar, dimana nanti selain akan mendapatkan simulasi UNBK SMP, aku dan teman-teman juga akan mendapatkan tambahan materi berupa video animasi, rangkuman dalam bentuk infografis, dan rapor online juga. Tapi untuk saat ini yang sangat dibutuhkan adalah simulasi UNBK SMP.

Aku pun mencoba mengumpulkan teman-teman untuk belajar bersama dan mencoba fitur-fitur yang tersedia di ruang belajar. Sampai lah aku dan teman-teman untuk mencoba simulasi UNBK, mengerjakan soal-soal untuk materi UN SMP. Setelah mengerjakan ternyata kita dapat langsung mengetahui berapa nilai yang kita dapat beserta analisis benar salahnya. Aku dan teman-teman sangat terbantu dengan adanya fitur seperti ini. Tidak hanya itu, ternyata di ruang guru juga akan langsung ada pembahasannya, jadi tidak perlu repot untuk bertanya kepada guru atau tutor lain.

Simulasi UNBK SMP yang diberikan oleh ruang guru sangat membantu teman-temanku bersiap menghadapi UNBK beberapa bulan ke depan. Semoga ini jadi langkah awal yang baik agar aku dan teman-temanku di desa bisa mendapatkan nilai UNBK yang baik dan memuaskan untuk diri sendiri, orang tua, dan sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *