Kualitas pendidikan di Indonesia yang tergolong rendah tentunya memiliki faktor penyebabnya. Di bawah ini merupakan beberapa faktor penyebab rendahnya pendidikan yang ada di Indonesia, antara lain sebagai berikut:

  1. Efisiensi Pengajaran Yang Ada di Indonesia

Efesiensi merupakan proses yang menghasilkan efektifitas dari tujuan dengan biaya yang lebih murah. Masalah efesiensi yang ada di Indonesia salah satunya adalah mutu pengajar, mahalnya biaya pendidikan, waktu yang di gunakan dalam proses pendidikan, dan masih banyak lagi hal yang dapat menyebabkan kurang efisiennya proses pendidikan yang ada di Indonesia.

  1. Standarisasi Pendidikan di Indonesia

Dunia pendidikan ini dinamis. Kompetensi yang di butuhya oleh masyarakat juga secara otomatis akan berubah. Oleh karena itu kompetensi yang ada di lembaga pendidikan harus memenuhi standar yang ada. Kualitas pendidikan dapat di ukur melalui standart dan kompetensi di dalam berbagai jenis, dan di bentuklah badan-badan yang bisa melaksanakan standarisasi dan kompetensi seperti Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP)

  1. Efektifitas Pendidikan di Indonesia

Pendidikan yang tergolong pendidikan efektif dalah pendidikan yang berorientasi pada kemudahan muridnya dalam belajar, menyenangkan dan dapat mencapai tujan yang di harapkan. Oleh karena itu, tenaga pendidik di tuntu dapat meningkatkan keefektifan dalam proses pembelajaran agar tujuan yang ada dapat tercapai.

Efektifitas pendidikan di Indonesia tergolong sangat rendah. Penyebabnya adalah tidak adanya tujuan dalam pendidikan yang jelas sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *