Pengertian bruxism dan apa yang dialami penderitanya di malam hari

Malam hari adalah waktunya untuk mengistirahatkan tubuh. Namun, ada sebuah gangguan yang sering dialami beberapa orang. Bisa dilihat dari pengertian bruxism itu sendiri. Orang-orang dapat menggertakkan giginya saat mata terpejam. Akibatnya setelah bangun tidur, berbagai masalah jadi muncul.

Pengertian bruxism secara umum dapat diartikan yaitu suatu gangguan pada diri seseorang saat tertidur. Namun, orang-orang tidak menyadari kondisi tersebut. Gertakan yang membuat gesekkan pada bagian gigi lainnya dapat menyebabkan masalah yang tidak baik bagi kesehatan penderitannya. 

Bruxism ini bisa terjadi pada siapa saja. Anak-anak yang sering mengalaminya, dikarenakan baru tumbuh gigi. Aktivitas cacing kremi di dalam perut juga dapat membuat orang menggertakkan gigi. Pemicu pada orang dewasa dapat disebabkan oleh stres yang tidak terkontrol. Tidak hanya itu saja, ada juga diakibatkan pengobatan penyakit tertentu.

Anda bisa mengecek kondisi dengan tanda-tanda bruxism yang sering terjadi pada penderitanya berikut ini.

  • Sakit yang terjadi pada rahang, telinga, dan kepala.
  • Gangguan pada pola makan.
  • Gigi retak dan terasa longgar.
  • Kesulitan saat membuka mulut.
  • Mendengkur saat tidur.

Orang-orang yang mengalami gangguan tidur di malam hari ini memang harus mengubah kebiasaannya. Apalagi stres, kondisi tersebut dapat memperparah bruxism terjadi. Aktivitas saat tidur mendengkur memang sangat mengganggu orang lain, tanpa anda sadari. Namun, hal itu bisa dijadikan bahan untuk mengobati hal yang anda alami.

Anda bisa bertanya kepada orang lain, bagaimana kondisi saat tidur. Jika orang mengatakan bahwa anda menggertakan gigi dan juga mendengkur. Hal itu sudah memastikan bahwa anda mengalami bruxism. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat kondisi itu menyerang anda:

  • Lakukan meditasi

Melakukan meditasi dapat menenangkan pikiran dan juga dapat mengusir stres. Jika anda rutin melakukannya, secara perlahan gangguan tidur itu bisa diatasi. Berpikiran positif juga harus diterapkan dalam diri agar cepat sembuh.

  • Mengkonsumsi obat seperti relaksan tubuh

Kondisi anda yang sudah tidak bisa dikontrol dapat mencoba mengkonsumsi obat relaksan. Hal itu dapat mencegah ketegangan pada saat tidur. Anda pun dapat hidup nyenyak di malam hari. Namun, jangan sampai anda menjadi ketergantungan dengan obat-obatan juga. Hal itu juga menjadi tidak baik.

  • Melakukan pijatan pada otot yang sakit

Pijat bagian yang terasa sakit, agar mencegah ketegangan itu muncul kembali. Lakukan dengan lembut dan penuh kehati-hatian agar tidak terjadi kesalahan lain yang dapat berakibat fatal.

  • Pergi ke dokter

Saat kondisi anda tidak juga kunjung sembuh segera datang ke dokter. Hal itu dapat membantu anda dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi. Cari dokter yang tepat menangani permasalahan anda agar cepat sembuh. Dokter pun akan mencari solusi terbaik agar anda tidak mengalami gangguan saat tidur ini. 

Gangguan tidur memang sangat menyakitkan setelah bangun tidur. Gigi terasa ingin lepas. Bahkan mulut tidak bisa dibuka. Keadaan tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Hal itu akan memicu berbagai komplikasi. Akibatnya penyakit di bagian akan muncul, tanpa anda sadari. Jangan sampai anda menyesal nantinya

Anda pasti sudah mengerti pengertian bruxism itu apa. Memang akan sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Orang-orang pun akan terganggu dengan aktivitas tidur yang mendengkur. Ada baiknya lakukan pengobatan ke dokter. Setelah itu ubah kebiasaan buruk anda yang sering mengalami stres. Hal itu dapat membuat kondisi anda semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *