Penyakit jantung merupakan penyakit kronis. Akan tetapi, bukan berarti kita tidak dapat mencegah penyakit ini. PAda umumnya sering kali penyakit ini disebabkan oleh beberapa gaya hidup kita yang tidak sehat. Oleh karena itu, cara ampuh untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini beberapa hal yang dapat kita lakukan:

1. Rajin berolahraga

Bagi kalian yang ingin menghindari penyakit jantung sebaiknya lakukan jenis olahraga apapun yang Anda sukai, karena semua olahraga pada dasarnya baik. Intinya, lakukan segala hal yang membuat Anda aktif bergerak karena dengan berolahraga kalian dapat membantu meningkatkan kebugaran jantung, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, dan menjaga berat badan tetap sehat. Sebaiknya juga usahakan untuk berolahraga setidaknya 30-45 menit sehari.

2. Perhatikan asupan makanan

Untuk menghindari penyakit janutng juga kalian dapat  mengkonsumi makan makanan berserat dari buah, sayur, gandum, serta kacang-kacangan. Karena, makanan tiggi serat dapat membnatu menurunkan kolesterol serta tekanan darah Anda. Tidak hanya itu, makanan berserat juga membnatu Anda mengelola berat badan yang sehat. Sehingga dalam mencegah penyakit jantung memperhatikan asupan makanan kita sangan penting. Selain mengkonsumsi makanan berserat, kita juga harus menghindari bahkan membatasi makanan yang dapat meningkatkan kolesterol darah, seperti daging berlemak, sosis dan daging burger, mentega, krim, hingga kuebiskuit, cokelat, dan permen. Intinya, batasi garam, lemak, dan gula

3. Hindari stres

Kalian pasti pernah mengalami stress entah karena masalah cinta, finansial ataupun yang lainnya, tetapi jika stress kalian sudah dirasa berlebihan, sebaiknya curhatlah pada seseorang, baik orang terdekat maupun konselor profesional. Karena Stres kronis dapat berujung pada serangan jantung jika tidak dikelola dengan baik. Nah, maka dari itu kalian harus pintar mengelola stress dan emosi. Selain curhat kalian juga dapat mencoba meditasi, yoga, atau teknik pernapasan dalam untuk meredakan stres

4. Berhenti merokok

Bagi kalian yang sudah menjadi seorang perokok maka sebaiknya segeralah kalian mulai berusaha untuk berhenti merokok. Karena merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak pembuluh darah. Oleh karena itu, dengan kalian berhenti merokok dan/atau menghindari paparan asap rokok dapat membantu pencegah penyakit ini.

6. Batasi alkohol

Hindari mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak, untuk pria, batasi asupan alkohol Anda tidak lebih dari dua gelas sehari. Sedangkan bagi wanita, batasi asupan alkohol Anda tidak lebih dari satu gelas dalam sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *