Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda seputar gejala alergi pada bayi, lebih baik ketahui terlebih dulu apa itu alergi? Alergi merupakan respon dari sistem kekebalan tubuh terhadap zat – zat yang tidak berbahaya. Pada dasarnya alergi ini tidak bisa disembuhkan, makanya kita harus siap hidup dengan kondisi tersebut selamanya. Selain hal tersebut alergi juga memiliki akibat yang bervariasi di setiap orang, tak terkecuali pada bayi dan anak – anak, yakni mulai dari iritasi kecil hingga dengan anafilaksis yang cukup berbahaya dan bisa mengancam jiwa.

Mengetahui Gejala Alergi pada Bayi

Penting untuk Anda tahu bahwa ada beberapa faktor yang membuat tubuh lebih rentan terhadap alergi, seperti adanya riwayat keluarga yang alami alergi atau punya asma. Apabila diantara keluarga dekat Anda ternyata ada anggota keluarga yang alergi atau asma, kemungkian besar bayi atau Anda sendiri juga puya alergi.

Selain hal tersebut, anak – anak pada dasarnya memiliki resiko yang cukup besar sekali alagi alergi daripada orang dewasa. Dimana alergi yang mereka miliki biasanya akan hilang dengan sendirinya pada saat beranjak remaja dan dewasa. Apabila si kecil ternyata tidak memiliki asma atau alergi, anak Anda juga bisa berpotensi akan alami alergi – alergi yang lainnya.

Lalu apa saja gejala dari penyakit alergi pada bayi? Pada saat bagian tubuh bersentuhan langsung dengan benda – benda yang menjadi penyebab utama alergi, atau yang biasanya disebut sebagai alergen, maka gejala alergi ini bisa saja muncul. Misalnya saja seperti alergen yang tidak sengaja dihirup sering sekali sebabkan hidung tersumbat, rasa gatal di bagian hidung, dan tenggorokan, berlendir, batuk, juga mengi.

Selain itu ada pula alergen yang disebabkan oleh makanan pemicu alergi. Ini biasanya menyebabkan mual, muntah, kram, sakit perut, diare, dan reaksi yang lainnya yang bisa mengancam jiwa. Gejala lainnya adalah ketika alergen menyentuh kulit sehingga sebabkan ruam kulit, lecet di kulit, gatal – gatal, dan kulit yang terkelupas. Sementara itu untuk jenis alergi obat – obatan ini biasanya akan melibatkan seluruh bagian tubuh dan menyebabkan berbagai macam gejala alergi. Apabila beberapa gejala alergi tersebut dialami oleh si kecil, lebih baik segera bawa dia ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Lantas, apa saja penyebab alergi pada bayi? Alergi merupakan hal yang paling umum. Gen atau lingkungan bisa saja menjadi penyebab utama alergi. Apabila Anda sebagai orangtua memiliki alergi, kemungkinan besar anak Anda juga akan memiliki alergi. Sistem imunitas tubuh berfungsi penting sebagai pelindung terhadap beberapa zat berbahaya, seperti virus dan bakteri. Tetapi bagi penderita alergi, sistem imunitas tubuh ini ternyata juga bereaksi terhadap zat yang tidak berbahaya.

Alergen memang tidak berbahaya, bahkan tidak menimbulkan masalah bagi si kecil. Tetapi jika si kecil memiliki alergi, maka sistem imunitas tubuhnya akan selalu sensitif, sehingga bahan tidak berbahaya sekalipun menyebabkan respon. Bahan kimia seperti antihistamin diproduksi tubuh hingga akhirnya sebabkan reaksi alergi yang bisa terlihat oleh kasat mata. Ada banyak sekali hal yang sering menjadi pemicu alergi pada bayi, diantaranya debu, makanan, serbuk sari, obat – obatan tertentu, binatang peliharaan, dan jamur. Selain itu, beberapa alergi bisa terjadi karena suhu dingin atau panas, lingkungan, dan sinar matahari.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang gejala alergi pada bayi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *