Menurut American Heart Association, kebutuhan serat perhari setiap orang disarankan sebanyak 25–30 gram yang diperoleh dari sumber makanan baik dari sayuran dan buah-buahan. Namun faktanya Menurut data Puslitbang Gizi Depkes RI rata-rata konsumsi serat penduduk Indonesia adalah sekitar 10,5 gram. Tentu masih sangat jauh dibawah dari angka kecukupan konsumsi harian.
Serat adalah karbohidrat yang ditemukan pada makanan nabati seperti buah, sayur, dan biji-bijian. Serat dapat bermanfaat untuk membantu menjaga kinerja sistem pencernaan berjalan dengan baik, menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Berikut sayuran yang mengandung serat dalam kadar yang tinggi,
1. Wortel
Sayuran favorit kelinci ini selain mengandung vitamin A, juga memiliki kadar serat yang sangat tinggi dibanding sayuran lainnya sekitar 4 gram per 100 gram wortel. Biasanya wortel diolah menjadi sop atau tambahan dalam masakan lain
2. Kentang
Selain mengandung karbohidrat yang tinggi, kentang juga memiliki kadar serat yang cukup tinggi sekitar 3 gram serat per 100 gram kentang. Menu terfavorit olahan kentang tentunya donat kentang.
3. Bayam
Sayuran ini memiliki kadar serat yang sangat tinggi, yaitu sebanyak 2.8 gram per 100 gram bayam. Biasanya bayam menjadi bahan campuran untuk membuat sayum bening dipadukan dengan kentang atau bahan sayuran lainnya.
4. Kangkung
Sayuran yang biasa dijadikan tumis ini memiliki kandungan kalsium dan vitamin yang tinggi dan juga merupakan makanan kaya serat yaitu sebanyak 2.0 gram per 100 gram kankung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *